10 Tips Ampuh Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Belajar Di Kelas

3 min read

Tips Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Rasa kantuk memang bisa datang kapan saja, bahkan terkadang datang diwaktu yang tidak tepat. Misalnya, pas belajar dikelas, sudah ditahan-tahan tapi tetap saja mata pengennya merem, dan paling sebel lagi kalo pas pelajaran atau matkul penting dan dosennya kilerr… duuh bencana besar kan..!!!

Memang tidak bisa dipungkiri dalam setiap aktivitas belajar-mengajar pasti saja virus menguap datang menghampiri, iya kan? Tidak di sekolah, di perkuliahan atau bahkan dikantor rasa kantuk pun datang meski tanpa diundang.

Heem, kenapa sih rasa kantuk datang tiba-tiba meski tak diundang?

Nyebelin benget deeh.. kan mencoreng nama baik sebagai mahasiswa teladan, iya gak? Hehe

Emang benar ya kata babeh dulu, jadi mahasiswa yang baik dan terbaik itu memang tak segampang membalikkan telapak tangan, ada banyak hal sulit yang harus dilewati, ada banyak aral dan rintangan yang harus disebrangi dan ada setiap cobaan yang menghadang dan mesti di hadapi.. salahsatunya mengantuk saat dikelas, entah karena pelajarannya yang tak disukai atau dosen yang mengajar yang membosankan.. uppss… Hhehe yang jelas mengantuk saat dikelas memang hal yang paling menyebalkan dan cobaan terberat.

Huhu.. terus harus bagaimana dong biar gak mengantuk saat belajar? Kata bang roma sih jangan begadang!! Yupss ini juga bisa jadi salahsatu penyebabnya looh, bagi para mahasiswa dengan segudang tugas yang menumpuk kadang harus memaksanya untuk begadang tiap malam. Setelah seharian belajar, malamnya harus kembali begadang aduhay siapa yang tak lelah.

Oke deh, tenang ya para pejuang ilmu… tentu kamu tidak mau dong rasa kantuk mengganggu konsentrasi belajarmu dan membuat nilaimu jelek? Nah, berikut 10 Tips Mengusir Rasa Kantuk Saat Dikelas, Silakan boleh dicoba ya guys.. Yaa walaupun masih tetap belum bisa menyukai pelajarannya, Hhihi

  1. Duduklah dibarisan paling depan

Memang gak menjamin sih duduk dikursi paling depan kamu tidak akan mengantuk, tapi setidaknya karena duduk dibarisan terdepan kamu jadi termotivasi untuk menahan rasa ngantukmu lebih keras lagi, hehe karena kamu bakal jadi yang paling terlihat oleh dosen, jadi terpaksa deh harus tetap fokus dan melek-melekin tuh mata.. πŸ˜€

  1. Banyaklah Minum Air Putih

Kamu Butuh Aqua? Sama aku juga.. Hhehe

Yups, tips kedua ini mungkin yang kamu butuhkan.. karena salahsatu penyebab mengantuk adalah kurangnya cairan pada tubuh, tubuh kita otak kita semua membutuhkan oksigen (O2) yang tercukupi yaitu dengan banyak minum air putih. Nah, makanya sebelum belajar jangan lupa persediaan air minum didalam tas yaaa.. πŸ˜€

  1. Kurangi Tidur Larut Malam.. Say No For Begadang!

Yupzz.. ini nih salahsatu penyakitnya para mahasiswa yang super duper sibuk, pagi sampai siang kuliah, sorenya rapat, eehh malamnya juga harus tetap melek buat ngerjain tugas yang bagaikan gunung karang banyaknya.. owlaahh, nasibnya mahasiswa πŸ˜€

Walaupun harus terpaksa begadang, jangan terlalu sering ya sob, kurangi begadangnya dan tidurlah diawal waktu J karena pastinya setelah seharian beraktivitas, tubuh dan otak kita membutuhkan istirahat yang cukup. Hari esok masih menanti, tugas masih menunggu, So… persiapkan dan jangan ngantuk dikelas lagi yoii!

  1. Kunyahlah Permen

Selain banyak minum air putih, mengunyah permen juga bisa menjadi alternatif mengusir rasa kantuk. Karena rasa manis pada permen bisa memberimu sebuah energi baru, tapi hati-hati yaa jangan sampai ketahuan dosen, kunyahlah perlahan… kemudian habiskan saat dosenmu tidak memperhatikan.. Hhehe

  1. Aturlah Posisi Dudukmu

Nah, selain duduk dipaling depan, kamu juga harus mengatur posisi dudukmu yaa, karena orang yang duduk dikursi belakang paling mudah terserang kantuk, kata orang siih dibelakang tuh banyak setannya.. bener gak sih? Bener atau gak, pastinya kalo mau jadi mahasiswa teladan jangan pernah absen duduk didepan yaa πŸ˜€ selain itu, usahakan posisi dudukmu tegap dan lurus menghadap ke depan, jangan menyender ke dinding atau menopangkan kepala dengan tangan, it’s not okay guyssJ

  1. Rasa Kantuk Tak Terelakan, Saatnya Meminta Bantuan Temanmu Untuk Mencubitmu Sampai Melek

Ini pengalaman saya banget guys.. saat rasa kantuk benar-benar gak bisa dikendalikan, alhasil saya pun meminta bantuan teman sebelah untuk mencubit lengan atau pipi, katanya sih biar mata langsung terbelalak.. Pas dicoba eh bener banget.. mata seketika langsung melek dan terbelalak bahkan hampir saja menjerit karena saking sakitnya. Haha Boleh dicoba guys, tapi jangan meminta bantuan dengan teman yang sedang kesal denganmu yaa, alih-alih bukan Cuma mata yang melek tapi… πŸ˜€

  1. Gunakan/Oleskan Minyak Kayu Putih dipelipis Mata Biar Mata Melek, Hehe

Ini nih yang sering saya lakukan saat ngantuk dikelas, menghalau rasa kantuk dengan panasnya rasa minyak kayu putih, menurut saya menghalau ngantuk dengan metode ini cukup ampuh looh.. seketika mata langsung terbelalak, karena kalo matamu redup maka panasnya akan semakin terasa, jadi terpaksa deh harus melek.

  1. Bersegeralah Ke Toilet & Membasuh Muka Saat Rasa Kantukmu Makin Tak Terkendali

Saat rasa mengantukmu tak lagi mampu kau halau, maka meminta izinlah kepada dosen yang mengajar dan segeralah pergi ke toilet. Basuh mukamu sampai benar-benar seger, dan kadar kantukmu sedikit berkurang.. Eiiittsss… tapi jangan sampai malah tertidur di WC yaa guyss.. Hhee

  1. Keluarlah Sebentar Mencari Udara Segar dan Meregangkan Otot

Biasanya mengantuk terjadi karena kamu terlalu lama duduk dan kurang gerak, naah untuk itu jika memungkinkan minta izinlah kepada dosen untuk keluar sebentar mencari udara segar dan meregangkan otot.. tapi jangan bilang mau nyari udara segar yaa apalagi cuci mata, uhuu allhasil bukan Cuma rasa ngantukmu yang hilang, tapi bisa jadi nilaimu pun hilang.. ^_^Β 

  1. Praktekkan Metode Tidur Teta

Nah, saat semua cara telah kamu coba namun tak ada hasilnya juga, mungkin tak ada cara lain selain mencoba metode tidur ini guyss.. namanya tidur Teta.. apa itu tidur teta? Yaitu tidur… silakan cari di internet dan praktekkan.. hihi

Mengantuk saat belajar memang membuat konsentrasi belajar menurun dan tidak fokus, alhasil kita pun jadi ketinggalan materi.. Nyebelin banget khan… sudah bayar kuliah mahal-mahal tapi saat belajar selalu mengantuk, ini salah siapa tooh? Yang pasti sih bukan salah ibu mengandung πŸ˜€

Yuks Ah pikirkan kembali tujuan kuliahmu untuk apa? Bukan untuk tidur kan, dan pikirkan juga orangtua dikampung halaman sana tengah menantimu pulang nak, dengan membawa ilmu yang bermanfaat.. ^_^

Silakan dicoba tips nya… semoga bermanfaat ya guys.. ^_^

writted by : @nuro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *