Masih Suka Tidur Setelah Sholat Subuh? Coba Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Terjaga

3 min read

Jangan-Tidur-Setelah-Shalat-Subuh

Tidur selepas sholat subuh?

Cung siapa yang gak mengakui kalo waktu subuh adalah waktu favorit buat memejamkan mata??Upsss:D Apalagi ditambah cuacanya yang mendukung, bikin tangan gatel buat narik selimut lagi, makin lelap deh tuh tidurnya. Yoi, tidur selepas subuh memang sudah menjadi bad habbits dikalangan masyarakat, gak yang tua, yang muda, para remaja atau remaji. Padahal,ย  yang namanya kebiasaan buruk, tentu harus dihindari dan dimusnahkan ya kan? Iyaa kan, iya kan?

Kebiasaan tidur setelah subuh ini tentu ada alasan atau pemicunya dong, gak mungkin sesuatu terjadi tanpa adanya sebuah alasan. seperti halnya kamu saat ini merupakan hasil dari setiap alasan-alasan yang kau buat kemarin. Alasanmu bertahan, alasanmu tetap berjuang meski aral melintang, adalah karena kamu YAKIN selepas kesusahan akan ada banyak kemudahan, Wuuihh bijak juga ya bro.. Hhihi

Menjadi mahasiswa malam alias si kupu-kupu malam kata teman ane dulu, memang melelahkan ditambah lagi waktu tidur yang gak teratur. Siang sampe sore kerja, nah malamnya-pun harus dipaksa melek mendengarkan dosen yang kadang kita sendiri-pun gak tahu sedang menjelaskan apa. Maklum efek lelah dan ngantuk, hehee.

Nah, terlepas dari waktu tidur yang kurang dan gak teratur, sebenarnya apa aja sih yang menjadi penyebab terjadinya kebiasaan tidur selepas sholat subuh yang kini jadi sorotan.. Hehe kayak pembawa berita aja ๐Ÿ˜€ Baiklah langsung saja kita lihat di TKP! (Teks Kelanjutan Paragraf)

  • Penyebab pertama ; Suka Begadang Sih :p

Yah mau gimana lagi wong tugasnya numpuk pisan! Yups bener banget dulu juga pernah ngalamin penderitaan seperti itu, dimana saat pikiran dan tubuh lelah selepas dikampus, saat pulang pun bukannya tidur malah terpaksa begadang mengerjakan tugas.. nikmat bukan? Disitu kadang ane merasa lelah bang, Hehe

Kenapa-harus-begadang-kalo-tak-ada-gunanya

Nah, kalo itu sih alasannya syari, maksudnya begadang dengan tujuan yang baik. Tapi… kalo begadangmu Cuma untuk nonton bola atau nonton film korea, Yaa lebih baik dihindari ya, mending tidur diawal waktu biar lebih fress pagi harinya. Karena begadang memang gak baik buat kesehatan dan menyebabkan mengantuk dipagi harinya. Dalam sebuah hadist pun disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam membenci senda gurau yang tiada manfaatnya selepas isya, tuh kan dari pada ngobrol gak jelas mending tidur ya gak ? ^_^

Monggo dibaca dan renungkan hadistnya :

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata,

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุงู„ู†ูŽู‘ูˆู’ู…ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง

โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat Isyaโ€™ dan ngobrol-ngobrol setelahnya.โ€ (HR. Bukhari no. 568).

  • Penyebab kedua adalah…. Tidak Sholat Malam Sih, YUK Tahajud!

Malam hari adalah salahsatu waktu mustajabnya doa-doa, makanya jangan pernah tinggalin tuh yang namanya qiyamul lail atau sholat malam, kalo kamu lagi punya hajat atau ingin meminta sebuah solusi bangun tengah malam dan tengadahlah, Allah maha mendengar dan mengabulkan doa-doa ^_^ Nah, selain waktu mustajabnya doa, dengan mengerjakan sholat malam itu artinya kamu telah melepaskan ikatan-ikatan syaiton. Maksudnye???

Rasul shallallahu โ€˜Alaihi Aa Wasallam bersabda,

ุนูŽู‚ูุฏูŽ ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุงูููŠูŽุฉู ุฑูŽุฃู’ุณู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ู†ูŽุงู…ูŽ ุซูŽู„ุงูŽุซูŽ ุนูู‚ูŽุฏู ุŒ ูŠูŽุถู’ุฑูุจู ูƒูู„ูŽู‘ ุนูู‚ู’ุฏูŽุฉู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŒ ุทูŽูˆููŠู„ูŒ ููŽุงุฑู’ู‚ูุฏู’ ุŒ ููŽุฅูู†ู ุงุณู’ุชูŽูŠู’ู‚ูŽุธูŽ ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุงู†ู’ุญูŽู„ูŽู‘ุชู’ ุนูู‚ู’ุฏูŽุฉูŒ ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ุชูŽูˆูŽุถูŽู‘ุฃูŽ ุงู†ู’ุญูŽู„ูŽู‘ุชู’ ุนูู‚ู’ุฏูŽุฉูŒ ุŒ ููŽุฅูู†ู’ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู†ู’ุญูŽู„ูŽู‘ุชู’ ุนูู‚ู’ุฏูŽุฉูŒ ููŽุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ู†ูŽุดููŠุทู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ูู’ุณู ุŒ ูˆูŽุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽุตู’ุจูŽุญูŽ ุฎูŽุจููŠุซูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ูู’ุณู ูƒูŽุณู’ู„ุงูŽู†ูŽ

โ€œSetan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, โ€œMalam masih panjang, tidurlah!โ€. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.โ€ (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776).

MasyaaAllah, dengan sholat malam ternyata kita sudah melepaskan tiga ikatan syaitoh sekaligus ^_^

  • Penyebab Ketiga : KEBIASAAN

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk? TINGGALKAN!

Kenapa orang tidur selepas subuh? Karena sudah menjadi kebiasaan dan kesehariannya memang begitu, kalo sudah sholat subuh langsung lepas mukena (*Kalo akhwat), mendekati kasur meraih bantal menarik selimut, dan…. tidur deh.. Nah, kebiasaan gak baik ini harus segera dibasmi, karena tidur selepas subuh itu ternyata membuat keberkahan dipagi hari jadi menghilang loh! Mau hidup loh gak berkah?!

Selain kebiasaan diri, terkadang teman juga bisa mempengaruhi loh, misalnya kita punya teman sekamar (*Misal kalo kost) yang memiliki kebiasaan tersebut, biasanya sekuat apapun mata kita lama-kelamaan akan terpengaruh juga. So, pilihlah teman yang rajin bangun malam dan enggan tidur selepas subuh, biar kita terpengaruh positif, kalo gak ada juga maka kitalah yang harus menjadi Agen perubahan..* Ciee berat bahasanya euyy ๐Ÿ˜€

Nah, selidik demi selidik akhirnya terbongkar juga kan rahasia penyebab kebiasaan tidur selepas subuh… Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tidur selepas subuh biar gak jadi habbits? Berusaha lah minta pertolonganlah kepada Allah, sebab hanya Allah-lah sebaik-baik penolong ๐Ÿ˜€

Allah Subhanna Wa Taโ€™ala berfirman :

ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุฌูŽุงู‡ูŽุฏููˆุง ูููŠู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽู‡ู’ุฏููŠูŽู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ุณูุจูู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ู„ูŽู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ู…ูุญู’ุณูู†ููŠู†

โ€œDan orang-orang yang bersungguh-sungguh di dalam jalan Kami, maka sungguh akan Kami tunjukkan mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.โ€ (QS. Al โ€˜Ankabut [29) : 69).

Cara-agar-tidak-tidur-selepas-shalat-subuh
gambar : rumaysho.com

Dari pada tidur selepas sholat subuh, mending melakukan hal-hal yang bermanfaat J Ya gak? Simak Yuk 5 Tips Agar Tetap Terjaga Selepas Subuh.

  1. Biasakan Mandi Sebelum Sholat

Orang biasanya malas mandi pagi karena dinginnya gak nahan, nah biar gak malas coba deh paksain buat mandi. Dinginnya cuma diguyuran awal aja kok, mandi dipagi hari banyak manfaatnya loh selain bisa melancarkan peredaran darah juga membuat tubuh lebih fress dan segar sebelum memulai aktivitas.

  1. Biasakan Membaca Al-Quran Selepas Sholat Subuh

Dari pada tidur lagi mending tadarusan, selain mendapat pahala waktu subuh juga adalah waktu yang cocok buat menyendiri atau Taqorrub illallah, salahsatunya dengan membaca al-quran atau sholawat nabi, MasyaaAllah selain akan mendapat keridhoan dari-NYA hati pun menjadi damai. ๐Ÿ˜€

Seperti firman Allah dalam Al-quran yang artinya :

โ€œDirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).โ€ (Al-Israโ€™ 78).

  1. Jalan-jalan Subuh atau Berolahraga, Boleh dicoba ๐Ÿ˜€

Daripada kembali ke kasur mending siapin sepatu dan olahraga pagi deh ๐Ÿ˜€ bisa dengan lari-lari kecil atau berjalan-jalan disekitar tempat tinggal untuk menghirup udara segar. Olahraga pagi itu lebih sehat loh, karena saat pagi hari udara masih aman dari polusi sehingga baik untuk kesehatan dan kesegaran.. Yuks kawan kita lari pagi, lebih sehat dari pada lari dari kenyataan.. Uppss ๐Ÿ˜€ oh iya, olahraga pagi juga dapat membantu melancarkan aliran darah loh, tubuh lebih segar dan berenergi.

  1. Membuat Jadwal Harian Agar Hidupmu Lebih Teratur

Buatlah peta atau jadwal harian agar hidupmu lebih teratur, setiap sesuai yang terencana pasti akan menghasilkan sesuatu yang maksimal, berbeda dengan sesuatu yang dilakukan tanpa sebuah rencana.ย  Misalnya selepas subuh, jadwalmu adalah tadarusan, membaca buku, atau bisa juga mengulang pelajaran dikampus, kan waktumu jadi lebih bermanfaat.. iyaa tohh?

  1. Jika Kantukmu Sudah Stadium Akhir, Tidurlah Selepas Matahari Terbit

Jika kondisi sudah tidak memungkinkan lagi dan rasa kantukmu makin menggrogoti, tak ada cara lain untuk mengatasinya selain memejamkan mata kembali, tidurlah saat pukul 06:00 atau 07:00, itu pun jika kamu sedang tak ada kegiatan. Tapi ingat jangan jadi kebiasaan yaaa… ๐Ÿ˜€ lakukan cara ini saat kondisi darurat, hehe

Nah, itulah 5 Tips agar tidak tidur kembali selepas sholat subuh…

Selamat mencoba… semoga berhasil yaaa… Cayoooo!!

Writted by @nuro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *